Friday, September 1, 2017

Tips Menciptakan Postingan Pertama Untuk Blogmu

Tips Menciptakan Postingan Pertama

Tidak lengkap rasanya apabila telah memiliki blog tetapi belum sama sekali membagikan postingan pertama sebagai tanda diluncurkannya blog tersebut. Nah, seringkali ada kendala dalam menciptakan konten untuk postingan pertama bagi para blogger pemula. Saya pun merasakannya ketika pertama kali memiliki blog, dengan perasaan yang menggebu-gebu untuk menjadi seorang blogger ditambah banyaknya ide di kepala, namun terkendala karena tidak tahu bagaimana menuangkannya menjadi sebuah tulisan yang terlihat apik. Hakikatnya, kita baru akan disebut sebagai blogger dan blog akan menjadi blog apabila telah memiliki konten yang kita ciptakan sendiri. Tapi, bagaimana cara menciptakan konten yang menarik banyak pengunjung dan memberikan kesan pertama yang membuat kita semakin bersemangat?

Saya tidak tahu sama sekali jawabannya, yang saya tahu dan pernah saya alami adalah bahwa karya pertama adalah sampah dan tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Jika kita terlalu fokus untuk membuat konten pertama menjadi sangat sempurna, kita hanya membuang-buang waktu untuk belajar bagaimana membuat konten yang natural tanpa memaksakan apa yang belum kita pahami. Sebaik-baik konten pertama adalah dengan bahasa yang natural, apapun yang ingin kita sampaikan di blog pertama kita tanpa mengkhawatirkan siapa dan berapa banyak yang akan melihatnya. Lalu apa saja yang harus kita tulis pada konten untuk postingan pertama? Sebelum lanjut ke tips, pastikan kamu sudah memiliki blog yang siap untuk launching. Kalau belum, kamu bisa baca caranya di postingan saya sebelumnya tentang “Panduan Mudah Membuat Blog”. Dan kalau sudah, mari kita mulai tips menciptakan postingan pertama untuk blogmu dengan mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:
  1. Tentukan Niche / Tema
  2. Tuangkan dan Tulis Semua Ide
  3. Gunakan Bahasa yang Natural
  4. Terus Belajar, Terus Menulis

Let’s Start!

  • Tentukan Niche / Tema
Pada step yang pertama, kita mulai dengan mempersiapkan niche atau yang bisa juga disebut tema. Sebelum mulai menulis pastikan kita telah menentukan niche atau tema untuk blog tersebut. Tujuannya agar memudahkan pengunjung menentukan blog mana yang bisa dijadikan referensi pencariannya tentang suatu hal atau suatu informasi.

Selain itu, dengan menentukan niche atau tema juga memudahkan kita dalam men-develope konten agar lebih konsisten dan terarah. Ada banyak niche atau tema yang bisa kita pilih, tetapi saya sarankan pilihlah niche atau tema yang paling kamu sukai karena hal tersebut dapat membantu kamu dalam menciptakan konten yang relevan. Contohnya blog dengan niche fashion, semua konten yang kamu buat harus berhubungan dengan fashion apapun itu agar ketika orang mencari informasi terkait fashion, blogmu bisa jadi ada diantara yang mereka cari.
  • Tuangkan dan Tulis Semua Ide
Setelah menemukan dan menentukan niche apa yang akan kita gunakan pada blog, kita akan mulai terpikirkan untuk menceritakan sesuatu tentang hal itu kepada pembaca dan memberi tahu mereka bahwa kamu akan mulai serius untuk membahasnya secara rutin. Tuangkan dan tulislah semua ide yang ada dikepala kamu tanpa khawatir soal bahasa yang baik dan benar. Perihal bahasa yang baik dan benar bisa kita revisi setelah semua ide tertuang dalam tulisan, sehingga tidak ada ide yang nyangkut atau bahkan terputus.
  • Gunakan Bahasa Yang Natural
Kenapa harus bahasa yang natural? Cara termudah memancing semua ide dikepala keluar adalah menulis dengan bahasa yang natural seperti sedang berbicara pada seseorang menggunakan bahasa sehari-hari. Tidak ada yang perlu di khawatirkan, setiap pemula akan melakukan kesalahan dan itu tandanya mereka terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi dalam menulis blog. Tapi tentu saja untuk bisa membuat konten yang baik kita juga perlu banyak membaca agar tulisan kita semakin baik dan disukai pengunjung blog kita.
  • Terus Belajar, Terus Menulis
Ada satu quotes yang isinya seperti ini:

“In the end of the day you make the rules. Base your Author Platform around the things you love to do, love to write about, and love to share.”Mathew Turner

Bagi saya, seseorang tidak bisa menjadi penulis hanya dengan pernah menulis beberapa kali dan bukannya terus menulis. Hasil yang bagus itu karena kita terus belajar dan terus menulis, seperti terus mengasah yang tumpul agar menjadi tajam. Jadi, mari terus belajar untuk menjadi bisa. Semoga artikel ini bermanfaat buat temen-temen yang baru mulai nge-blog, tetap semangat J


signature

No comments:

Post a Comment

< > Home
Not A Planning Blog © , All Rights Reserved.