Thursday, April 23, 2020

Tamago Boro: Cemilan Renyah Yang Populer Di Jepang

 Tamago Boro

Malam-malam pas lagi asyik scrolling instagram tiba-tiba muncul video resep Tamago Boro, wah boleh nih dicoba. Buat kalian yang belum tau apa itu Tamago Boro, jadi itu tuh biskuit yang cukup populer di Jepang. Bentuknya bulat kecil-kecil, sesuai namanya Tamago yang artinya telur, dan pembuatannya juga menggunakan telur. Saya suka banget jadiin Tamago Boro sebagai camilan karena teksturnya yang renyah dan rasanya gak terlalu manis dan gak bikin sakit gigi.

Awalnya saya coba Tamago Boro ini saya kira biskuit kentang, soalnya pertama kali kayak ada rasa kentangnya gitu. Ternyata terbuat dari tepung jagung, tapi ada juga lho yang terbuat dari tepung kentang. Semenjak jarang pulang ke rumah ortu, saya jarang beli Tamago Boro dan kebetulan sempat lupa nama biskuitnya apa waktu itu. Karena sempat pengen banget saya cari di google seperti ini:

Hahaha, siapa yang suka nyari tau lewat google dengan ngetik kata kunci sesuka hati kayak saya? Karena saya cuma mau tau nama biskuit kentang yang bentuknya bulat, jadi saya cari seperti itu kata kuncinya. Alhasil ketemu deh. Yap, nama biskuitnya Potato Boro bungkus hijau persis yang sering saya beli di agen makanan ringan. Ternyata bener yang saya suka makan itu versi potatonya. Kalau belum pernah coba, rasanya itu renyah banget, gurih dan agak mirip kue sagu jajanan jaman dulu. 


Balik ke cerita awal saya mau bikin Tamago Boro sebagai cemilan setelah menemukan resepnya di instagram, yuk langsung aja dicoba.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus tepung maizena
  • 4/5 sdm kental manis
  • 2 kuning telur

Cara membuat:

  • Kocok kuning telur bersama dengan kental manis sampai tercampur rata
  • Masukan tepung maizena secara perlahan sambil diaduk
  • Pastikan adonan siap untuk dibentuk, apabila adonan terlalu kering bisa ditambah air sedikit
  • Ambil sedikit bagian dan bentuk bulat-bulat
  • Panaskan teflon dengan api sedang sebelum adonan diletakkan
  • Setelah dirasa teflon cukup panas, masukan adonan, tata rapi jangan berdempet
  • masak dengan api kecil -/+ 30 menit hingga adonan berubah warna dan tekstur
  • Angkat kemudian tunggu agak adem lalu masukan Tamago Boro ke toples kedap udara


Gampang banget bikinnya dan gak ribet, yang penting butuh kesabaran ekstra ketika membentuk adonan bulat kecil. Resep ini basic banget ya, kamu bisa coba buat dari resep yang bertebaran di youtube atau di cookpad gitu. Pertama kali bikin ini hasilnya gagal, sampai Tamago nya gosong karena kelamaan masaknya. Tapi karena masih penasaran jadi saya coba buat kedua kalinya, dan akhirnya berhasil. Renyahnya dapet. Selamat mencoba dan semoga berhasil yaa :)

Tamago Boro



signature

21 comments:

  1. Simpel bgt ya cara buatnya.
    Berarti rasanya manis gitu ya, mbak?
    Tepung maizena per bungkus gram nya sama?

    ReplyDelete
  2. Wah, potato boro itu camilan kesukaan anakku yang bayi. Karena teksturnya cepat hancur, jadilah si bayi suka banget. Wah, Boleh banget dicoba resepnya, secara bocilita emang doyan ngemil 😁

    ReplyDelete
  3. Sepertinya mudah... Cuss ah beli bahan n praktek. Tq mb

    ReplyDelete
  4. aku pikir tadi berbentuk kerajinan tamago boro ini hehhe belom pernah nyobain makan soalnya, bisa nyobain niy resepnya di rumah nanti

    ReplyDelete
  5. Kok keek enak Mbak Tamago Boro ini, sekilas seperti jajanan masa kecil ye

    Klo di kampung waktu kecil jajanan ini namanya "Onde-Onde Ciput" yang di taburi wijen ah kayaknya sama wkwkwk

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Wah, kayaknya enak tuh cemilan Jepangnya. Saya mau nyoba bikin juga, ah. Anak saya palung hobi nyoba-nyoba bikin cemilan model baru. Semoga nanti hasilnya nggak seperti foto yang "gagal", hahaha ...

    ReplyDelete

    ReplyDelete
  8. wah tamanya tamago goro? baru tau aku, aku suka banget beliin dr anak pertamaku. abis gampang lumer di mulut. ternyatanya bahannya simpel ya mbak, tp ternyata pake SKM ya..pantes lah manis. dikira ad kentangnya mbak

    ReplyDelete
  9. Suka banget biskuit ini. Wah ada resepnya juga ya. Pengen save resepnya, ya, Mbak. Saya juga suka Varian lain yang go potato. Anak beli, saya ikut nyicipin, eh ternyata enak. Hehe

    ReplyDelete
  10. Ternyata namanya tamago goro. Enak mba, sy juga suka. Baru tahu buatnya dari bahan yg mudah didapat, simple lagi. Jadi penasaran pengin buat sendiri. Trims infonya, mba.

    ReplyDelete
  11. Duh, sy belum pernah yoba nih Mbak. Rasanya kek apa kalau di lidah saya. Bahan-bahannya mudah banget ya Mbak, anak saya yg pertama meski hisa nih kalau biat sendiri untuk cemilan Di waktu lebaran nnt. Makasih resepnya Mbak, izin bintangin ya...

    ReplyDelete
  12. Kayaknya gampang yah bikinnya hihi
    Tapi saya gak pinter masak, jadi kayaknya tetep perjuangan nih

    ReplyDelete
  13. Mungkin bukan gosong kak, tetapi sedikit agak terlalu coklat sehingga saat dimakan ada rasa pahit di lidah, hehe.

    ReplyDelete
  14. Sepertinya gampang buatnya. Unik juga bentuknya. Paling-paling pas awal bentuknya bisa cantik mungil, makin akhir makin besar buletannya biar cepat selesai tamago nya haaa

    ReplyDelete
  15. Saya kok jadi penasaran sama rasanya ya mbak. Mirip egg drop nggak.sih? Bentuknya kok mirip-mirip gitu.

    ReplyDelete
  16. Kayaknya gampang ya. Dan bahannya juga gak ribet. Mau nyoba juga ah

    ReplyDelete
  17. Wow baru tahu saya hihi... Makaih infonya mbak. Siapa tahu bisa praktik ntar

    ReplyDelete
  18. Lumayan juga nih buat cemilan anak-anak, makasih resepnya mbak

    ReplyDelete
  19. hmm mumpung lagi suka bebikinan makanan, mau contek resep ini ahh ... makasih ya ka :)

    ReplyDelete
  20. Duh simpel ya cara bikinnya jadi pengen buat karena gampangnya deh mbak.sementara ini posisi masih di Jepang?

    ReplyDelete
  21. Kayaknya mudah. Ini bisa langsung di eksekusi sebentar deh. Auto Ss

    ReplyDelete

< > Home
Not A Planning Blog © , All Rights Reserved.