Wednesday, April 29, 2020

Daily Recipe: Sweet Potato Pierogi with Honey (Cemilan Manis Berbuka Puasa)


Satu bulan lebih #StayAtHome ternyata membuat banyak orang jadi rajin berkreasi dan mencari-cari kesibukan selain Work From Home. Nah, kegiatan positif yang lagi cukup trending salah satunya adalah berkreasi pada masakan. Mulai dari resep kue, pudding, minuman, hingga berbagai resep lauk pauk yang kreatif banget bertebaran di mana-mana, dan gak cuma itu, menariknya lagi bukan hanya dari kalangan perempuan aja tapi udah banyak juga cowok-cowok terutama anak muda yang ikut terjun berkreasi lewat masakan. Kegiatan memasak di kalangan milenial tampaknya jadi semakin menyenangkan dengan adanya aplikasi TikTok, selain menjadi wadah menciptakan video yang asyik saat memasak, ternyata juga menjadikan mereka influencer dadakan. Ya sudah kita bukan mau bahas aplikasi itu kok, yuk lanjut ke resepnya berikut ini.

Eh! Tapi sebelum itu saya mau cerita sedikit awal mula bikin pierogi ini. Jadi beberapa pekan lalu teman saya menemukan sebuah resep pierogi di internet, kemudian saat itu juga dia langsung ke dapur untuk mencoba membuatnya. Dari resep yang ada, ternyata teman saya ini gak mengikutinya, justru malah membuat secara asal-asalan. Pierogi yang seharusnya di steam justru ia goreng dengan alasan kalau di steam takut gak enak karena pakai kulit pangsit yang terlalu tebal. Entahlah. Meskipun begitu, ternyata rasanya cukup enak, saya menyebutnya lumpia kentang karena lebih mirip lumpia ketimbang pierogi itu sendiri. 

Jadi, dari sanalah akhirnya saya buat Pierogi goreng ini, selain mudah membuatnya, bahan-bahan yang diperlukan juga tidak sulit dicari. Yuk langsung di simak resep sweet potato pierogi with honey berikut ini:

Bahan-bahan:

  • 10 lembar kulit pangsit

  • 150 gram ubi jalar *bisa diganti kentang

  • 1 sdt garam

  • 1 sdm gula halus

  • 3 sdm madu

  • 2 sdm margarin cair

  • 1 butir telur (kocok lepas)

  • minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Kupas ubi lalu cuci hingga bersih, kemudian rebus dengan api sedang hingga ubi matang

  2. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Lalu haluskan menggunakan whisk

  3. Selanjutnya masukkan margarin, garam, gula halus dan madu, aduk hingga merata

  4. Siapkan kulit pangsit, ambil sebagian adonan ubi menggunakan sendok dan taruh pada kulit pangsit. Rekatkan pangsit membentuk segitiga dengan olesan telur.

  5. Goreng pada minyak panas dengan api sedang agar tidak gosong. Setelah agak kecoklatan lalu angkat, tiriskan minyak

  6. Sajikan hangat dengan topping madu di atasnya

Nah, gampang banget kan cara membuatnya. Eittss!!! cara menikmati pierogi di keluarga saya ini agak berbeda lho, kalau saya biasanya memberi topping madu, sedangkan anggota keluarga saya  lebih suka menyantapnya dengan saus sambal. Meskipun begitu, pierogi goreng ini cocok untuk di makan dengan saus sambal ataupun madu. Tekstur kulit pangsit yang digoreng begitu krispi dengan isian ubi manis yang lembut banget bikin menu berbuka puasa lebih istimewa. 



Sekadar info, penampakan pierogi yang sebenarnya itu kayak gini, isian untuk pierogi sendiri berbagai macam, bisa manis bisa gurih, pedas atau asin, sesuai selera masing-masing. Tapi resep yang saya bagikan kayaknya lebih familiar di lidah orang indonesia gitu hahaha. Selamat mencoba :)


signature

3 comments:

  1. Ku sampai googling lho apa pierogi itu, sebelum mampir ke blog ini, enggak tahu apa itu pierogi. Ya ampun, ku kudet, hahaha.
    Nyontek resepnya ya. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya soalnya gak familiar gitu namanya di indonesia. Boleh banget mbak ;)

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

< > Home
Not A Planning Blog © , All Rights Reserved.