Thursday, June 22, 2017

#BlogStory: Favorite Blog Sites

 Favorite Blog Sites

Sebagai seorang blogger, tentunya saja juga memiliki daftar blog-blog kesukaan (favorite blog site) yang sering saya kunjungi untuk membaca tulisan-tulisan terbarunya, maupun membaca ulang tulisan lama yang menjadi bagian dari bacaan favorit saya. Blog-blog yang sering saya kunjungi ini merupakan blog favorit yang saya sukai dari gaya tulisannya, cara menyampaikanya, serta bahasanya. Saya sendiri kadang merasa terinspirasi setelah membaca blog-blog favorit saya, sehingga memacu saya untuk lebih giat lagi menulis serta banyak belajar bagaimana cara menyampaikan atau menyalurkan pikiran lewat tulisan tetapi sesuai dengan kemampuan berbahasa yang kita miliki. Tidak perlu berlebihan, sebenarnya saya lebih suka bacaan yang natural dari segi gaya bahasanya tanpa ada rasa keharusan merubah gaya bahasa. Saya yakin, dari tulisan-tulisan yang biasa saja cara penyampaiannya pasti akan menjadi lebih baik seiring berkembangnya wawasan dalam menulis. Saya pun merasakan hal tersebut terjadi pada diri saya pribadi, mulai dari awal menulis dengan bahasa atau gaya khas anak-anak sampai saya berusaha menemukan gaya penulisan saya sendiri. Bahkan, sampai sekarang pun saya masih terus belajar bagaimana cara menyampaikan sebuah tulisan dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah untuk dimengerti semua kalangan. Nah, dari blog-blog berikut ini saya belajar bagaimana cara menyajikan sebuah bacaan yang mudah dipahami. Simak yuk!
Ini adalah salah satu blog yang saya kunjungi di awal saya ngeblog untuk belajar beberapa tutorial yang Dani sampaikan melalui blognya. Bahasanya sangat sederhana dan mudah dimengerti, selain itu juga sangat jelas dan lengkap step by stepnya. Melalui blog Dani saya belajar mendesain blog yang cute. Tapi sayangnya, di tahun 2015 Dani memosting pemberitahuan bahwa dirinya akan berhenti ngeblog dikarenakan kesibukan sebagai ibu rumah tangga. Meskipun begitu, saya masih sering mencari beberapa tutorial untuk keperluan desain blog melalui postingan-postingan di blognya.
Di tahun 2013 saya nemu blog yang isinya seperti curhatan si pemilik blog, karena dari semua postingan di blognya adalah menceritakan kerinduannya maupun kejadian sehari-hari yang ia alami. Tapi sayangnya, blog ini sudah tidak di update lagi sejak tahun 2002 silam. Jadi setiap saya mengunjungi blognya, saya selalu membaca ulang beberapa postingan yang benar-benar membuat saya rindu. Dari gaya penyampaiannya sangat sederhana khas anak muda yang menyampaikan thinking and feeling yang masih alami, meskipun dengan penulisan yang masih cukup berantakan. Meskipun ini blog lama, tapi setiap konten yang ia posting seperti sesuatu yang hidup bagi saya. Itulah mengapa saya mem-bookmark Dark Side of Josh di laman bar saya.
Saya bukan orang yang suka apalagi paham tentang tanaman, tetapi melalui blog Mbak Dani ini saya mendadak jatuh cinta dengan tanaman dan mulai menanam beberapa jenis sayuran dan buah di halaman belakang rumah. Kecintaan Mbak Dani terhadap tanaman-lah yang menginspirasi saya untuk belajar mau tahu lebih tentang apa yang selama ini kita sebut sayur. Saya suka masak, tetapi tidak pernah mempelajari lebih tentang apa yang saya masak dan manfaatnya. Nah, berkat adanya blog Nimadesriandani inilah saya merasa terbantu untuk mempelajari lebih tentang tanaman. Tidak hanya itu, gaya penyampaiannya pun saya yakin beliau orang yang sangat ramah.


Dari tiga blog favorite yang saya sebutkan, ketiganya berbagi hal yang berbeda, dengan gaya penyampaian yang berbeda, bahasa yang berbeda dan arti lebih yang beda buat saya sebagai pembaca setia blog mereka.  Tapi, dengan kita melahap berbagai macam tulisan (cuma yang positif lho ya XD), kita jadi lebih tahu, dan lebih bisa memilih bacaan seperti apa yang menginspirasi, serta menentukan cara menyampaikan yang seperti apa sih yang sesuai dengan diri kita. Sekian


signature

No comments:

Post a Comment

< > Home
Not A Planning Blog © , All Rights Reserved.