Tuesday, June 6, 2017

Tips Mudah Menabung Jauhi Sifat Boros

Tips Mudah Menabung

Banyak orang bilang menabung itu susah banget kalau gaji kita cuma 3 jutaan, sedangkan kebutuhan hidup saja sudah melebihi dari pemasukan bulanan. Apalagi kalau harus menabung atau ingin membeli ini itu diluar kebutuhan? Kalau menurut saya seperti ini, bila dengan gaji 3 jutaan kamu bisa mencicil sebuah motor, bagaimana mungkin kamu tidak bisa menabung dengan gaji 3 jutaan? Sebenarnya kalau dipikir-pikir sama saja ketika kita ingin memiliki suatu barang dengan harga diluar jangkauan kita, hasilnya adalah kita harus menyisihkan uang setiap bulan untuk dibayarkan atau dalam bahasa familiarnya membeli dengan sistem kredit. Hanya bedanya kalau menabung, kita menyisihkan uang untuk bisa digunakan dikemudian hari saat kita benar-benar membutuhkannya. Selain itu, dengan menabung berarti kita telah belajar memanage keuangan kita sekaligus belajar untuk menahan diri dari sifat boros.

Nah, menabung juga dapat dibedakan berdasarkan tujuannya, misal tabungan untuk liburan, tabungan untuk membeli rumah, atau menabung untuk persiapan masa depan. Hal-hal seperti itu wajib banget kamu pikirkan, so kamu pun harus menabung mulai sekarang. Apalagi untuk membeli rumah dan persiapan masa depan yang sudah pasti membutuhkan banyak biaya. Berikut ini saya kasih tips mudah menabung dan jauhi sifat boros yang bisa kamu lakukan mulai sekarang. 
  • Apabila kamu ingin serius menabung, pastikan kamu menyisihkan sebagian uang pendapatanmu diawal, dan bukan diakhir. Jangan lupa untuk menentukan jumlah uang yang akan kamu tabung setiap bulannya, sama seperti melakukan sistem kredit yang telah ditentukan besaran angsuran perbulannya. Kamu bisa lakukan hal yang sama ketika menabung, karena hal ini akan semakin memudahkanmu dalam memanage keuangan bulanan beserta kebutuhan. 
  • Ubah kebiasaan-kebiasaan seperti membeli barang karena ingin, bukan karena benar-benar butuh. Sebab hal itu dapat mendorongmu kepada sifat pemboros, dan akan semakin menyulitkanmu untuk bisa memiliki simpanan utuh setiap bulannya. 
  • Buat perencanaan tabungan sesuai tujuanmu untuk apa tabungan tersebut kelak digunakan, agar menabung menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menjadi suatu kebutuhan yang harus terpenuhi setiap bulannya. Dengan begini, kamu tidak akan merasa terbebani dengan pengeluaran rutin bulanan yang sebenarnya bisa saja kamu gunakan kapanpun kamu mau lalu menjerumuskanmu kedalam sifat boros.
Nah, kalau sudah bertekad dan melakukannya dengan sungguh-sungguh, nanti pasti akan terbiasa dan menjadi suatu kebutuhan kok. Masalahnya adalah mau atau tidaknya kita menabung atau menyisihkan uang bulanan sebelum dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Dan perlu diingat, jangan menyisihkan uang di akhir atau menunggu sisa, karena hal tersebut tidak akan pernah memudahkan kita dalam disiplin memanage keuangan dan sampai kapan pun kita tidak akan bisa memiliki simpanan utuh. Semoga tips mudah menabung dan menjauhi sifat boros bisa menjadi inspirasi untuk mulai menabung dan menyisihkan sebagian pendapatan kita untuk masa depan nanti. #RamadhanWritingChallenge


signature

2 comments:

  1. kalau saya biasa nya setelah dapet uang gajian yang Alhamdulillah cukup deh.
    langsung saya sisihkan dan masukin tabungan biar ngak langsung habis hehe. .

    kalau sudah gajian biasanya kita suk akhilap gitu ya mba. .

    BTW, tema blognya keren dan ada lagunya hahaha.
    betah jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, bener banget. kalo gak disisihkan dulu khawatir khilap mata pengen ini itu jadinya amblas hehehe :D

      Makasih :) Iya biar gak sepi aja kalo lagi mampir jadi dikasih perintilan lagi. Semoga loadingnya gak lelet yak

      Delete

< > Home
Not A Planning Blog © , All Rights Reserved.