Monday, March 6, 2017

Masak Simple: Cumi Kuah Asam Pedas

Singkat cerita, saat berkunjung ke pasar kemarin, saya melewati beberapa penjual ikan-ikan segar dan makan laut seperti kerang, udang, dan juga cumi-cumi. Tidak puas rasanya jika hanya melewatinya saja, saya pun mampir untuk membeli salah satu diantaranya. Pilihan saya tertuju pada cumi-cumi yang masih segar, dengan ukuran yang tidak begitu besar memang. Awalnya saya belum tahu ingin membuat masakan apa dengan cumi-cumi segar yang berhasil saya bawa pulang, pikir saya cumi saus padang juga nikmat. Tapi sesampainya dirumah, saya pun berubah pikiran untuk mengolah cumi-cumi yang saya beli tadi, dikarenakan flu dan tidak enak badan disertai ingin makan yang pedas dan hangat, maka saya pun memutuskan untuk membuat cumi kuah asam pedas. Resepnya tidak mencontek dari buku ataupun internet, berkat bahan seadanya di dapur, dan jadilah masak simple cumi kuah asam pedas ini. Tertarik mencoba? Berikut ini resepnya.

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • 500 gram cumi-cumi segar (bersihkan, potong-potong)
  • 5 siung cabai hijau keriting
  • 5 siung cabai rawit hijau
  • 3 siung cabai merah besar
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah besar
  • 1 lembar daun jeruk purut
  • 1 ruas jahe (memarkan)
  • 2 buah tomat ceri (potong empat bagian)
  • 1 ruas serai (memarkan)
  • 1 buah jeruk lemon
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • 2 sdm air perasan jeruk nipis
  • 250 ml air
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:
  • Bersihkan cumi-cumi dan potong-potong, lalu beri perasan jeruk lemon dan diamkan sesaat sampai aroma amisnya hilang
  • Iris cabai, bawang, dan daun jeruk purut
  • Panaskan minyak, lalu tumis cabai, bawang, tomat, jahe, dan serai hingga harum
  • Masukkan cumi yang sudah didiamkan, tumis hingga matang
  • Kecilkan api, masukkan air kedalam tumisan bersama garam, penyedap rasa, lada bubuk dan air perasan jeruk nipis, lalu biarkan hingga mendidih
  • Setelah mendidih, angkat dan sajikan


Jadi deh, mudah kan? Cumi kuah asam pedas lebih nikmat disantap selagi hangat dan kuah jahenya benar-benar menghangatkan. Nah, buat para penggemar masakan pedas boleh banget dicoba dirumah. Masak simple, gak pakai ribet. Terima kasih sudah berkunjung J


signature

No comments:

Post a Comment

Not A Planning Blog © , All Rights Reserved.