Wednesday, May 24, 2017

Anyang Mangga Mentimun Iris, Sedaaap

Anyang Mangga Mentimun Iris, Sedaaap

Waktu mantengin instagram sekitar dua hari lalu saya lihat ada salah satu akun gitu yang feednya hampir semua berisi foto masakan rumahan. Nah, ada salah satu postingan yang dikasih caption berupa resep dan judulnya yaitu “Anyang Kedondong”, dilihat sih anyang kedondong ini mirip dengan asinan gitu, atau rujak. Dan, karena kelihatannya sangat menarik maka saya pun tertarik untuk ikut mencobanya.  Tapi percobaan kali ini saya gak sama pakai kedondong, melainkan saya ganti dengan mangga muda yang di mix sama mentimun. Penasaran sama resepnya dan mau mencoba juga? Yuk langsung aja contek resepnya dibawah ini:

“Dijamin rasanya bikin ketagihan”

Bahan:
  • 4 buah mangga muda yang masih fresh, jenis mangga manalagi atau sesuai selera
  • 1 buah mentimun putih
  • 10 buah cabe rawit hijau dan rawit merah yang maish fresh (karena saya lebih suka cabe rawit)
  • 2 buah cabai merah (atau sesuai selera)
  • ¼ sdt terasi goreng
  • 4 sdt gula pasir (bisa diganti gula jawa)
  • ½ sdt garam (secukupnya agar tidak asin)

Cara Membuatnya:
  1. Cuci bersih mangga dan mentimun, lalu kupas dan iris sesuai selera
  2. Uleg bumbu secara bersamaan
  3. Taruh irisan manggan dan mentimun dalam satu wadah, lalu campurkan bumbu yang sudah di uleg halus tadi
  4. Aduk agar tercampur rata, lalu diamkan dalam lemari es selama -/+ 3 jam agar bumbu meresap

Note: Tidak perlu diberi air

Anyang Mangga Mentimun Iris, Sedaaap

Nah, gimana? Mudah banget kan cara bikin anyang mangga mentimun iris ini? Memang berbeda dari anyang mangga yang kekinian itu, soalnya cabainya saya ganti dengan cabai rawit (untuk yang suka banget pedas). Selain itu, mangga juga saya campur dengan mentimun, bisa juga kalau Cuma mau mangga saja, atau kalian mix dengan apel hijau, kedondong, nanas atau bengkuang. Pokoknya sesuai selera kalian yang suka nya bagaimana. Jangan lupa di catat ya resepnya biar gak lupa, share juga boleh. Selamat mencoba anyang mangga mentimun iris, sedaaap!


signature

1 comment:

  1. gurih kak , seger kayaknya
    hehe

    jangan lupa mampir yak :D
    WWW YUKGAS ID

    ReplyDelete

< > Home
Not A Planning Blog © , All Rights Reserved.