Thursday, July 13, 2017

Kumpulan Situs Belajar Pemrograman Gratis Bagi Pemula


Bila kita lihat sekarang ini kebutuhan akan ilmu teknologi terus saja meningkat, tidak hanya diperusahaan besar tetapi juga perusahaan berbasis cv, online shop, maupun start-up. Hampir dalam semua bidang pekerjaan kini telah tergiring untuk ikut melek menggunakan teknologi, terutama teknologi perangkat lunak berbasis web dan aplikasi. Sebuah kemajuan yang tidak hanya dirasakan oleh orang-orang dewasa saja tetapi juga anak-anak, terutama dikota-kota besar.

Kemajuan yang sudah dirasakan banyak orang ini tentu tidak terlepas dari peran orang-orang hebat didalamnya yang telah berhasil memperkenalkan kepada hampir seluruh lapisan masyarakat tentang kemudahan dalam menggunakan teknologi berbasis web dan aplikasi. Dan nyatanya hal ini juga ikut mendorong sebagian orang untuk terjun dibalik layar kemajuan tersebut melalui pendidikan formal seperti di sekolah, universitas, maupun pendidikan non formal seperti kursus / private.

Banyak kita temukan universitas yang menawarkan akademi jurusan Information Technology dan juga System Information yang makin banyak diminati oleh para pelajar. Bagi sebagian yang ingin belajar pemrograman akan lebih memilih untuk masuk jurusan IT (Informasi Teknologi) ketimbang SI (Sistem Informasi).

Namun, untuk bisa belajar pemrograman kini tidak harus kuliah bertahun-tahun ataupun membayar mahal untuk waktu kursus yang sangat singkat. Karena kini sudah banyak tersedia situs belajar pemrograman gratis bagi pemula yang ingin belajar pemrograman dari rumah. Cukup bermodalkan koneksi internet dan komputer saja, kita sudah bisa mulai belajar pemrograman secara online dengan sangat mudah. Berikut ini kumpulan situs belajar pemrograman gratis yang bisa memberikan kemudahan belajar pemrograman melalui video interaktif disertai tutorial yang cukup lengkap untuk para pemula.

 SekolahKoding.com

Merupakan salah satu situs belajar pemrograman yang diperuntukan bagi pemula mulai dari materi yang paling dasar. Bagi kamu yang ingin belajar pemrograman secara gratis dan lengkap serta berbahasa indonesia, SekolahKoding.com bisa menjadi solusinya. Di SekolahKoding.com ini juga ada versi premiumnya yang harganya juga cukup terjangkau.

CodeAcademy.com

Situs yang satu ini wajib kamu kunjungi, karena belajar pemrograman di Codeacademy.com ini mudah banget. Di Codeacademy.com ini kamu tidak dituntun oleh video interaktif yang harus ditonton terlebih dahulu, melainkan melalui tutorial sederhana yang sangat mudah.

Codepolitan.com

Sudah tahu kan kalau codepolitan ini memang situs untuk belajar pemrograman yang punya banyak artikel bermanfaat? Nah, kalau sebelumnya kamu sempat berpikir Codepolitan hanya situs berita seputar programmer, salah. Di Codepolitan ini kamu bisa belajar ngoding dengan mudah karena juga tersedia tutorial mulai dari yang basic sampai yang advanced.

HtmlDog.com

Dari nama situsnya saja sudah jelas kalau ini merupakan website untuk belajar seputar HTML, yang pastinya dimulai dari dasar. Tapi jangan khawatir, meskipun nama situsnya Htmldog.com, di situs ini kamu juga bisa mempelajari CSS maupun JavaScript lho!

CodingBat.com

Bagi kamu yang mau mempelajari seputar Java lebih detail dengan penjelasan yang cukup lengkap, di Codingbat.com ini tempatnya. Gak cuma belajar Java aja, tetapi kamu juga bisa mempelajari seputar Phyton untuk mengasah skill programmingmu supaya makin expert.

KhanAcademy.org

Situs ini sebenarnya tidak dikhususkan untuk belajar programming saja, tetapi juga berbagai macam pelajaran seperti matematika, sains, ekonomi, art dan lain sebagainya. Tapi, di Khanacademy ini kamu juga bisa belajar pemrograman juga yang ada di halaman ‘Computing’ dengan beberapa pilihan materi yang bisa kamu pilih.

Pertama kali bergelut hobi dibidang programming pun, saya sendiri mulai belajar secara otodidak dari situs-situs tersebut. Salah satu situs favorit saya yaitu Codeacademy.com dan SekolahKoding, dua versi yang berbeda tetapi keduanya sangat mudah digunakan bagi saya. Selain dari beberapa situs diatas, situs-situs berikut ini juga tempatnya belajar pemrograman gratis bagi pemula

Kumpulan Situs Belajar Pemrograman Gratis



signature

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

< > Home
Not A Planning Blog © , All Rights Reserved.